Sabtu, 21 Juli 2012

Cara Mengurangi Tindakan Kriminal (Masalah Sosial)


Nama : Yaswidya Amandarizky Cahyanandyasmoro
NPM : 17111496
Kelas : 1KA16


Semakin hari semakin banyak saja tingkat kriminal yang terjadi di Negara ini, lihat saja hampir setiap hari di media-media baik media cetak maupun eletronik selalu memberitakan tentang kasus-kasus kriminal yang terjadi, tidak hanya yang terjadi di kota-kota besar tetapi di kota-kota kecil pun tingkat kriminal ini setiap harinya selalu bertambah, baik dari tindak kriminal kecil seperti mencuri sampai tindak kriminal besar seperti pembunuhan, dimana kebayakan pelakunya berasal dari masyrakat kecil atau kurang mampu.

Dari semakin meningkatnya tindakan kriminal yang terjadi ini, menimbulkan berbagai macam pertanyaan dan ketakutan tersendiri bagi masyarakat, atau dengan kata lain tindakan kriminal ini bagaikan hantu yang bergentayangan bagi masyarakat banyak yang tidak tahu kapan tindakan kriminal ini datang menghampiri masyrakat tersebut.

Sehingga, banyak mungkin dari masyrakat yang ada bertanya-tanya, apa yang menyebabkan tingkat kriminal ini semakin hari semakin bertambah dei Negara ini, dan kebayakan pelakunya berasal dari masyrakat yang kurang mampu. Mungkin ada beberapa jawaban yang dapat menjawab pertanyaan tentang apa penyebab dari semakin meningkatnya tindakan kriminal semakin bertambah, dimana yang menjadi factor utamanya adalah bertambahnya tingkat pengangguran di Negara ini yang disebabkan kurangnya lapngan perkerjaan di Negara ini, ketika uang sangat diperlukan untuk memenuhi segala kebutuhan yang diperlukan. Sehingga itu semakin banyak orang-orang yang mengambil jalan cepat untuk mendapatkan suatu uang, yaitu dengan cara melakukan tindakan kriminal.

Bagaimana tidak, uang sekarang itu sangat perlu bagi masyrakat di Negara ini, seakan-akan uang itu bagaikan suatu benda yang sangat penting harganya, apalagi di zaman yang penuh dan serba modern seperti saat ini. Uang merupakan suatu alat tukar yang sangat susah untuk didapat saat ini, namun sangat mudah untuk dihabiskan, pada saat ini orang mau buang air kecil saja harus bayar, inilah sebagai bukti bahwa uang itu sangatlah penting bagi kehidupan saat ini. Dari maka itulah kenapa orang harus mencari suatu perkerjaan yang mudah dan cepat untuk mendaptkan uang pada saat ini, dan salah satu perkerjaan yang mudah untuk mendaptkan uang itu adalah dengan melakukan tindakan kriminal.

Namun, hal ini juga menimbulkan suatu pertanyaan lagi, kenapa kriminal itu menjadi suatu jalan untuk mencari dan mendapatkan uang dengan cepat. Hal ini, disebabkan karena di Negara ini belum banyaknya lapangan kerja yang dapat menampung semua masyarakat yang ada di Negara ini, jika pun ada lapangan perkerjaan itu juga mempunyai banyak prasyaratan suapaya seseorang dapat berkerja, sehingga orang-orang yang tak mempunyai syarat seperti yang dibutuhkan dalam suatu lapangan perkerjaa, membuat orang-orang yang tak dapat masuk kedalam suatu lapangan perkerjaan tersebut memilih jalan lain untuk mendapatkan uang dan bertahan hidup, yang salah satunya adalah melakukan tindakan kriminal tersebut.

Ada beberapa cara yang dapat membuat tindakan kriminal di Negara ini semakin berkurang, yang dimana beberapa cara tersebut antara lain adalah pemerintah dan pihak swasta berkerja sama untuk membuat dan menciptakan suatu lapangan perkerjaan yang melimpah, sehingga dengan adanya lapangan perkerjaan tersebut orang-orang yang tak memiliki perkerjaan dapat berkerja. Namun, lapangan perkerjaan yang ada atau yang diciptakan oleh pihak pemerintah tersebut dapat membuat pra syarat yang dapat memudahi masyrakat kecil dapat masuk ke dalam lapangan perkerjaan.

Selain dengan cara menciptakan lapangan perkerjaan yang lebih banyak, sebagai jalan untuk mengurangi tindakan kriminal yang ada di Negara ini, ada cara lain juga yang dapat mengurangi tindakan kriminal yang ada di Negara ini, yaitu dengan cara memberikan pelatihan-pelatihan secara gratis kepada masyrakat yang kurang mampu, karena dengan adanya pelatihan-pelatihan ini dapat membuat kualitas seseorang itu dapat menjadi lebih baik sehingga lapangan perkerjaan yang tadinya telah ada dan diciptakan tidak dengan sia-sia diciptakan. Karena orang-orang yang melakukan tindakan kriminal tersebut mungkin bisa jadi bukanlah orang-orang yang tidak bisa berkerja dengan baek, tetapi bisa jadi orang-orang yang melakukan tindakan kriminal tersebut tidak mempunyai kualitas yang baek untuk mendapatkan suatu perkerjaan atau lapangan perkerjaan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar